6 Trik Meningkatkan Interaksi Pada Facebook Fanspage Anda

gambar 6 Trik Meningkatkan Interaksi Pada Facebook Fanspage Anda

Sebagai salah satu media sosial yang terbesar di dunia, Facebook sering dimanfaatkan oleh para profesional, organisasi, sebuah instansi, para pembisnis dan lainnya untuk menarik lebih banyak member atau peminat. Salah satu cara untuk dapat menarik minat member atau fans yang menggunakan akun facebook yaitu dengan cara membuat sebuah Facebook Fanspage.

Kehadiran sebuah halaman yang ditujukan bagi para penggemar atau penyuka seseorang atau sesuatu ini, ternyata dapat membantu yang berkepentingan untuk dapat menjalin sebuah retensi atau hubungan yang baik. Namun sayangnya berdasarkan data yang diperoleh dari Oglivy & Mather disebutkan jika akhir-akhir ini, angka interaksi pada halaman penggemar (fanspage) rata-rata telah mengalami banyak penurunan.

Belum diketahui apa penyebab pastinya, namun dari keadaan ini membuat banyak para pengelola fanspage yang dibuat pusing dan frustrasi karena halaman fans mereka tidak bergema. Maka dari itu ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pengelolaan akun Facebook Fanspage yang baik dan benar untuk memulai kegiatan promosi Anda. Ada beberapa teknik dan cara yang dapat Anda terapkan guna menjadikan interaksi pada halaman fans Anda dapat mengalami peningkatan. 

Berikut teknik yang dapat Anda gunakan, diantaranya :

1. Menampilkan Foto dan Gambar

Teknik pertama yang dapat Anda lakukan yakni meningkatkan interaksi fanpage Facebook Anda yaitu dengan cara melampirkan foto atau gambar dalam setiap postingan. Dalam sebuah riset dan penelitian telah diketahui bahwa penggunaan foto saat melakukan posting akan memiliki kemungkinan 39 persen lebih besar untuk menarik interaksi para member atau fans.

Dibanding dengan sebuah post yang hanya berisikan teks, post yang mengandung konten foto diketahui mendapat 53 persen lebih banyak mendapat sebuah like, 104 persen lebih banyak sering mendapat komentar, dan 84 persen lebih banyak mendapat CTR (Click Trough Rate). Maka dari itu jangan lupa untuk menampilkan atau melampirkan sebuah foto setiap kali Anda melakukan posting terbaru di halaman fans Anda.

2. Posting Konten Seefisien Mungkin

Berbagai konten yang Anda pajang bukan sebuah jaminan untuk dapat mendatangkan banyak interaksi. Meskipun Anda telah mengkombinasikannya dengan sebuah foto, akan tetap ada beberapa kelemahan pada postingan yang terlalu panjang.

Pertama, konten yang terlalu panjang umumnya dapat membuat para member Facebook Fanspage Anda akan merasa malas untuk membacanya. 

Kedua, saat fans bisnis Anda ingin berkomentar, mereka akan berpikir beberapa kali karena takut salah berkomentar yang dikarenakan tidak membacanya. Nah, dari sini Anda harus dapat membuat sebuah konten atau postingan yang terlihat padat, singkat dan jelas. Dari sebuah riset disebutkan jika postingan yang berisi lebih sedikit dari 250 karakter akan dapat menarik 60 persen lebih banyak engagement dan dengan memotong konten hingga 80 karakter akan menarik interaksi member hingga 66 persen lebih banyak.

3. Jangan Lupakan Emoticon

Jangan pernah Anda remehkan kegunaan emoticon. Dalam sebuah studi penelitian, lambang emosi atau perasaan manusia ini ternyata memiliki sebuah kekuatan yang dapat menarik 33 persen komentar lebih banyak, 33 persen share lebih banyak, dan 57 persen like lebih banyak dibanding dengan postingan atau status tanpa emoticon. Facebook telah meluncurkan berbagai macam fitur emoticon yang lebih canggih, tentu hal ini mampu menciptakan peluang yang lebih besar bagi Anda untuk mendapatkan sebuah interaksi dari Facebook Fanspage yang Anda kelola.

4. Berikan Postingan lebih Pada Hari Kamis dan Jumat

Hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan interaksi pada Facebook Fanspage adalah sebuah momentum. Ya, meski harus selalu di update setiap hari, namun Anda jangan sekali-kali lupa untuk melakukan postingan yang lebih intens pada hari Kamis dan Jumat.

Hal ini karena menurut riset, Engagement rate akan meningkat menjadi 18 persen lebih tinggi ketika sebuah status atau postingan di update pada setiap hari Kamis dan Jumat dibanding dengan hari-hari lain dalam seminggu.

5. Memberi Pertanyaan via Facebook Fanspage

Dalam sebuah studi media sosial telah diketahui jika postingan dalam wujud pertanyaan akan mampu mendatangkan 100 persen komentar lebih banyak jika dibanding dengan status standar yang berupa pernyataan. Buatlah pertanyaan dengan jawaban yang mudah dan cepat ( ya / tidak ) karena mampu meningkatkan lebih banyak lagi interaksinya. Maka dari itu jangan lupa untuk menggunakan pertanyaan setiap kali memposting ataupun mengupdate halaman fans Anda.

6. Sesekali Adakan Sebuah Kontes dan Undian Berhadiah

Tips terkahir, sebaiknya Anda dapat menarik interaksi fans pada Facebook Fanspage Anda yaitu dengan cara mengadakan kontes atau undian yang berhadiah. Hal ini tidak harus Anda lakukan setiap hari, namun sekali atau dua kali dalam sebulan saja itu sudah cukup jika dana Anda mencukupi.

Gunakanlah kata-kata seperti contest, win, promotion, enter dan submit, dan lainnya yang terbukti mampu menarik lebih banyak interaksi. Di era materialistik saat ini pada zaman modern seperti sekarang, memang sebuah pemikiran yang bagus untuk membuat orang atau fans menjadi antusias dengan kata-kata kontes dan undian tersebut. Menurut penelitian, postingan bernada kontes dan undian akan menerima engagement rate 42 persen dari para fans yang telah bergabung dengan halaman penggemar Anda.



Related

Ilmu Baru 8246368824781387030

Posting Komentar

emo-but-icon

item