Inilah Cara mendapatkan Domain milik Anda sendiri [ Panduan Newbie ]


Sering buka facebook.com untuk mengetahui kabar teman terbaru ? atau mungkin sering buka Google.co.id pas kamu butuh mencari tahu tentang sesuatu ? Facebook.com, Google.co.id adalah alamat internet atau "Domain" yang menjadi sebuah alamat dimana kamu bisa membuka suatu situs tertentu. Nah dalam panduan kali ini kita akan belajar bagaimana cara mendapatkan nama domain anda sendiri , biar tidak kalah dengan situs - situs besar lainnya.


Latar belakang dibuatnya sistem nama Domain

Perlu kamu ketahui kalau sebuah situs website , seperti facebook atau google atau kaskus sebenarnya berada di dalam sebuah server atau komputer yg menyimpan file - file website tersebut. Sebagai contoh : ketika kamu membuka kaskus dengan mengakses Kaskus.co.id maka sebenarnya kamu sedang membuka file - file kaskus yang berada di sebuah komputer yang memiliki IP ( istilah untuk alamat dalam dunia jaringan komputer, yg berbentuk berupa angka - angka dipisahkan oleh titik ) IP yang dimaksud bisa saja 192.56.44.33 atau 76.56.43.22  atau kombinasi angka lain yang tidak terbatas,.

karena kita sering sekali harus membuka berbagai macam situs setiap kali browsing internet nah tentu akan sulit sekali kalau setiap ingin ngaskus kamu harus mengingat kembali apa IP situs kaskus dan mengetikkannya di dalam address box browser ? nah untuk mengatasi hal itu maka dibuatlah Sistem DNS atau Domain Name System sebagi standar memakai kombinasi alfabet yang bisa dibaca guna mengganti alamat website daripada harus memakai IP. akhirnya dimulailah era dimana kita bisa mengakses sebuah situs memakai nama domainnya, seperti Eramuslim.com, ThenextWeb.com, mashable.com dan lain sebagainya. 

Cara Mendapatkan Domain Sendiri

Nah kambali kepada kepentingan utama tulisan ini dibuat saya akan coba sharekan mengenai bagaimana cara agar Anda dapat memiliki Nama domain Anda sendiri, sesuai dengan pilihan anda . Sebelumnya akan saya jelaskan mengenai bagian dari Domain:

Bagian dari domain ada 2 yaitu : 

1. Nama domain 
Nama Domain yaitu bagian utama dari domain tersebut yang mencerminkan identitas utama dari sebuah situs, misal Kaskus, Google, facebook, Eramuslim, Kiblat, Dakwahmedia dan sebagainya. Nama Domain bisa diambil dari nama Perusahaan atau nama organisasi, seperti Microsoft, Apple dan lain sebaginya. Nama Domain juga bisa anda ambil dari nama pemilik situs bila memang situs itu dimaksudkan sebagai situs atas nama pribadi yang mewadahi pemikiran sang empunya, sebagai contoh : FelixSiauw. Nama Domain juga bisa diambil dari konsep atau tema yang paling banyak terdapat dalam situs tersebut, misalnya infokesehatan.my.id yang memiliki isi mayoritas mengenai Info - info kesehatan terbaru, IslamicWallpaper yang berisi koleksi wallpaper islami, dan lain sebaginya.
Jangan lupa bahwa memilih nama domain tidak dibatasi oleh aturan apapun asal tidak melanggar hukum , sebagai contoh, "Kaskus" sebenarnya bukan kata - kata yang berkaitan dengan Forum atau komunitas online, dan nama Domain Kaskus juga dibuat sebelum perusahaan Kaskus Resmi didirikan, dengan kata lain para pendiri Kaskus memilih nama domain mereka dengan dasar Kesukaan saja, bukan mengambil tema situs atau nama perusahaan melainkan dari kata - kata "Kasak - Kusuk" yang kemudian di singkat kaskus. Dengan demikian jelas bagi kita bahwa memilih nama domain bebas sesuai keinginan kita, selama tidak melanggar hukum dan aturan yang berlaku.

2. Ekstensi domain
Sama seperti File pada komputer domain juga punya ekstensi masing -masing. kalau di komputer ada ekstensi .Exe , .Jpg .PNG dan lain sebagainya maka domain memiliki Ratusan ekstensi. Ekstensi Domain yang terkenal antara lain .Com .Net. Org .Us . Co.id .Web.id .My.id dan masih ada Ratusan ekstensi lainnya.
Memilih ekstensi atau akhiran untuk nama domain Anda merupakan salah satu pekerjaan vital yang harus anda lakukan secara cermat, karena setiap ekstensi memiliki maksud masing - masing , sebagai contoh apabila anda bermaksud menjadikan situs anda guna mendapatkan penghasilan atau Comercial, maka usahakan mendapatkan domain dengan ekstensi .com, atau bila anda ingin membuat situs guna organisasi anda usahakan mendapatkan domain dengan ekstensi .org

2  langkah Mudah Mendapatkan Domain Anda Sendiri :


1. Kunjungi Penyedia Web Hosting dan Domain terpercaya : Layanan penyedia Hosting biasanya juga menyediakan Jasa Pendaftaran Domain dimana anda bisa mendaftarkan Domain lewat mereka dengan membayar sejumlah Fee yang ditentukan oleh Ekstensi domain yang anda pilih. Sekarang di Indonesia sudah banyak perusahaan atau situs dimana anda bisa membeli Domain. Untuk Tutorial kali ini kami akan mengambil Contoh dari Rumahweb, Untuk Penyedia domain lainnya di Indonesia dan luar negri akan kami sampaikan dalam postingan lainnya 

2. Masukkan nama yang anda inginkan di Kotak Pencarian Domain : Setelah membuka situs Rumah Web silahkan anda memnuju halaman Khusus Pembelian domain di : https://www.rumahweb.com/domain-murah  , lalu pilih nama domain yang anda inginkan ( tanpa ekstensi ) , misal karena saya ingin membangun situs tentang Pekalongan, maka saya akan menuliskan nama "situsPekalongan" kedalam kotak tersebut , lalu saya memilih ekstensi yang saya inginkan, dalam contoh ini saya memilih .Com 

Screenshot Cara Membeli Domain
Cara Membeli domain di Rumahweb
Setelah itu Anda tinggal ikuti langkah - langkah selanjutnya yang akan dipandu oleh situs Rumahweb. Bagaimana ?  mudah kan cara memilih domain dan membelinya ?

Hal hal yang Perlu diingat dalam memilih domain :

1. Kebebasan memilih Ekstensi Domain : Meski awalnya Ekstensi atau akhiran domain memiliki maksud tertentu, namun seiring dengan berkembangnya dunia Online, dimana Domain bisa di dapatkan dengan harga relatif terjangkau untuk orang biasa maka kini hampir semua akhiran domain bisa didaftarkan oleh siapa saja , selama tidak ada aturan yang membatasi. Sebagai contoh meski awalnya domain .Net hanya bisa didaftarkan oleh Perusahaan yang menyediakan layanan Jasa Internet seperti ISP, namun kini anda bisa mendaftarkan Nama domain dengan akhiran .net , seperti namasitusanda.net . 
Apalagi pada tahun 2015 kemarin , Muncul akhiran domain baru yang berjumlah ratusan, sekarang anda bisa mendapatkan domain dengan akhiran. .Work .Link .Bid .Click .Website bahkan yang sedang ramai adalah .XYZ  di Indonesia sendiri muncul domain .ID sebagai pengganti domain resmi untuk keperluan umum di Indonesia dan masih ada ratusan ekstensi domain baru lainnya


Banyak Sekali ekstensi domain baru yang muncul pada 2015 m bahkan sebagian besar ditawarkan dengan harga sangat murah selama masa promosi. credit gambar : Rumahweb.com


2. Tetap ada Syarat Untuk ekstensi Domain tertentu : Meski ada kebebasan dalam memilih ekstensi domain, tetap ada aturan yang membatasi penggunaan ekstensi domain tertentu. Sebagai contoh untuk domain .Gov hanya bisa didaftarkan oleh Lembaga Pemerintahan Resmi, di Indonesia juga ada persyaratan pendaftaran domain .Go.id yang hanya bisa didaftarkan oleh lembaga Negara, .Mil.id yang hanya bisa didaftarkan oleh Lembaga dibawah TNI, .Sch.id yang hanya bisa didaftarkan oleh Lembaga Sekolah dan dibuktikan oleh surat resmi. dan lain sebaginya. 
Persyaratan dalam pendaftaran Domain ini tetap harus anda perhatikan ketika memilih ekstensi untuk nama domain anda, misal bila anda ingin membuka Toko Online untuk peralatan sekolah, maka anda tidak bisa mendaftarkan Domain SeragamSekolah.Sch.id  sebab akhiran tersebut bukan untuk Bisnis yang menjual keperluan sekolah, melainkan khusus untuk Lembaga sekolah dan dibuktikan dengan surat Resmi bertanda - tangan Kepala Sekolah / Madrasah yang bersangkutan.

3. Tetap perhatikan konteks : seperti pernah kami singgung dalam postingan tentang nama domain situs Flickr usahakan selalu mengikuti konteks atau tema web anda ketika memilih nama domain. Sebagai contoh ketika membuat situs untuk Toko Online yang menjual Kaso - kaso distro untuk anak muda, carilah nama yang terkesan Cool, Dekat dengan telinga anak muda di era sekarang, dan mencerminkan produk kaos distro, mungkin "Boywears.com" atau "GearAndStuff.Id" bisa menjadi pilihan.

Kami harap postingan mengenai nama Domain ini bisa membuka cakrawala anda mengenai cara memilih nama domain untuk anda sendiri, sebab domain adalah alamat Rumah / Toko / Perusahaan Anda di dunia Internet.
Agar anda nggak kalah dengan situs - situs besar diluar sana. tetap Kunjungi Blog ini untuk pengetahuan dan Teknik Berguna bagi Dunia bisnis Online

Related

Tutorial Bisnis Online 3611166586282957045

Posting Komentar

emo-but-icon

item