Mengenal Beberapa Jenis Web Hosting - bagian 1 : Shared hosting



Bagi anda yang sedang berpikiran terjun ke dunia Bisnis Online, mungkin anda sudah beberapa kali mencari infromasi mengenai : bagaimana cara memulai bisnis online ? Bagaimana cara membuat Toko Online ? cara menjual barang secara online ? apa sarana promosi bisnis online ? dan lain lain.

Diantara istilah dalam bisnis Online tentunya anda sudah pernah mendengar istilah "Web Hosting" atau sering di singkat "Hosting" saja. nah apakah sebenarnya yang dimaksud Hosting ?
kali ini kami akan menjelaskan secara simpel dan mudah mengenai :

Jenis - Jenis Web Hosting

Kami sudah membahas , bahwa ketika anda membuka sebuah situs web, seperti Facebook.com atau Kaskus.co.id  sebetulnya Anda sedang membuka File - file Situs tersebut yang berada di komputer lain. Komputer lain yang menyimpan File - file web tersebut dinamakan "server" dan Jasa Penyimpanan File Website disebut Web Hosting. 

Jadi Jelas sekali bila anda ingin membuat sebuah website, maka anda harus menemukan tempat untuk menyimpan file - file Website yang Anda buat. Dengan kata lain Anda harus menemukan jasa layanan Web Hosting terlebih dahulu sebelum membuat website

Ada beberapa jenis layanan Web Hosting berdasarkan Jenis penyimpanannya :


1. Shared Web hosting

Shared Web Hosting adalah layanan Web Hosting yang paling banyak dipakai , sehingga bila anda menyebut Web hosting maka konotasinya anda sedang menyebutkan layanan Shared Hosting. sesuai namanya "shared" Hosting maka Server di layanan ini dishared atau dibagikan dengan banyak klien / pengguna secara bersamaan , atau digunakan secara bersamaan oleh beberapa penyewa. Yang menyediakan Server dalah Layanan Web hosting, dan yang menggunakan server adalah para klien yang punya Website, seperti Anda misalnya.

Mengenai jumlah pemakai server tentu berbeda - beda dalam setiap Perusahaan Web Hosting, ada perusahaan Web Hosting yang mengizinkan satu server dipakai oleh Ratusan klien / Website secara bersamaan namun ada pula Perusahaan Web Hosting yang hanya memperbolehkan puluhan atau bahkan kurang dari 10 klien / website per-server. arena disahred atau digunakan secara bersamaan oleh banyak klien dalam satu server tentunya ada sisi Positif dan egatif dari Jenis layanan Web Hosting Shared ini.

gambar ilustrasi shared hosting
Seperti Anda lihat dalam Gambar ini, dalam shared Hosting seringkali 1 server dibagi - pakai olah Puluhan hingga ratusan Klien


Sisi Positif Shared hosting

  • Harga yang Murah : Sebab dalam satu server digunakan oleh Puluhan sampai Ratusan Klien maka Perusahaan web Hosting bisa memberikan harga yang sangat Murah kepada para kliennya. Bahkan ada beberapa perusahaan Web Hosting yang hanya menarif kurang dari setengah dollar / $ 0.5 perbulan bagi setiap kliennya atau hanya Rp. 5000 perbulan bagi setiap kliennya dalam layanan Shared hosting ini



  • Penggunaan yang mudah : Biasanya dalam Layanan Shared Hosting ini para klien tidak perlu menjadi seorang ahli server dalam menggunakan hosting, karena layanan shared hosting telah dilengkapi Control panel sendiri. Control Panel Hosting adalah alat untuk mengelola Web Hosting seperti : 


  1. Menginstall Script ( Wordpress, Joomla, Drupal, Opencart, Magento, dll ) secara otomatis
  2. Mengupload, delete dan edit File - file website
  3. Mengatur Domain 
  4. Membuat akun email serta menggunakan email
  5. dan pekerjaan pengelolaan website lainnya

Sisi Negatif shared Hosting

RAM dan CPU terbagi oleh Banyak Klien : karena seperti kami bilang diatas, bahwa dalam sahred hosting penggunaan server dibagi bersamaan oleh puluhan bahkan ratusan klien maka komputer server yang dipakai sering mengalami Tingkat Penggunaan RAM ( memory komputer ) dan CPU yang tinggi. Misalnya ketika dalam suatu server ada 10 Website yang ramai dikunjungi , 20 website sedang dan 40 website yang sepi dikunjungi , maka server tersebut harus secara bersamaan mengolah data dan menampilkan file dari : 10 + 20  + 40 Website atau 70 Website bersamaan  secara bersamaan ! berarti kinerja server akan merosot seiring jumlah Website yang dihosting didalamnya. 
Efek dari hal ini adalah Bila Website Anda di simpan di  layanan Web hosting yang kebetulan Memiliki Website lain yang ramai dikunjungi, maka siap - siap saja ketika website Anda menjadi lemot akibat dari server yang bekerja terlalu berat.


Kesimpulan mengenai Shared Web Hosting 


setelah anda mengetahui apa itu shared hosting ? dan apa sisi positif dan negatif shared hosting tentunya anda sudah dapat menyimpulkan apakah website bisnis online anda cocok memakai shared hosting atau tidak. Kami tetap Merekomendasikan Untuk menggunakan Shared Hosting bagi anda yang masih pemula di bisnis online. Kami menyarankan anda yang baru membuat website untuk memakai Shared Hosting, tidak perlu memakai Virtual Private Hosting atau VPS apalagi Dedicated Hosting dulu. Mengapa kami merekomendasikan Shared hosting bagi Newbie di Bisnis Online ? sebab layanan shared hosting sudah lebih dari cukup untuk membuat Toko Online yang melayani ribuan visitor / pengunjung perharinya atau membuat website berita dengan pengunjung Ribuan Orang perharinya

Shared Hosting jadi Semakin Baik

Berbeda dengan dahulu dimana penyedia Hosting sangat sedikit, sekarang ada Ratusan atau bahkan ribuan perusahaan yang menawarkan Layanan Shared hosting kepada konsumen seperti anda. Karena semakin banyaknya Perusahaan penyelenggara Web hosting, Pelayanan dan  teknologi shared hosting pun semakin berkembang dan jadi semakin baik. Dari sisi pelayanan para penyedia jasa shared hosting kini banyak yang membatasi 1 server hanya digunakan oleh puluhan klien tidak Ratusan klien , tentu untuk menjaga kinerja server agar website anda tidak lemot saat ramai. 

Sisi teknologi shared hosting juga jadi semakin baik  bahkan kini sudah muncul teknologi Shared hosting seperti Cloudlinux OS dan litespeed server yang memungkinkan setiap website yang dihosting di server yang sama tidak akan saling mengganggu. Cloud hosting juga muncul sebagai jawaban dari kemungkinan salah satu server hosting mati atau error, dimana teknologi Cloud hosting memungkinkan sebuah website dihosting pada beberapa server sekaligus sehingga kemungkinan website down akan teratasi.

Related

Hosting 4627032096951905513

Posting Komentar

emo-but-icon

item