Mengenal Beberapa Jenis Web Hosting - bagian 2 : VPS

Ilustrasi Jenis Web Hosting : VPS

Setelah kita mengetahui apakah yang dimaksud dengan shared web hosting , kali ini saya mau bahas jenis web hosting yang kedua yaitu VPS atau Virtual Private Server. Untuk jenis yang kedua ini sebenarnya bukan sekedar bisa dipakai untuk web hosting atau menyimpan file website saja, akan tetapi VPS bisa digunakan untuk digunakan sebagaimana sistem komputer biasa, tidak beda dengan komputer yang ada di rumah anda, atau laptop yang anda pakai untuk bekerja.

Pengertian VPS

VPS berbeda dengan web hosting shared sebab VPS merupakan sistem dimana sebuah server dibagi kedalam beberapa Server Virtual melalui sistem "Virtualisasi" . Jangan bingung dulu intinya seperti ini : Dalam sebuah Server Fisik ( Sebuah komputer server yang memang ada wujud fisiknya ) di bagi menjadi beberapa  "server Virtual" dan Server Virtual tersebut bisa digunakan layaknya sebuah komputer Fisik serta masing - masing tidak saling mengganggu antara satu dan lainnya .

ilustrasi pengertian VPS

Yang membuat VPS berbeda dengan shared hosting adalah : 


1. Masing masing Virtual Server tidak saling mengganggu , layaknya beberapa komputer terpisah ) :

Meski padaVPS dan shared Hosting sama - sama sebuah server yang ada bisa dipakai bersama - sama oleh banyak klien atau website, pada VPS diantara masing - masing Virtual server tidak saling mengganggu dengan Virtual server lainnya, hal ini disebabkan pada VPS terdapat sebuah teknologi yaitu "Virtualisasi" dimana sumber daya sebuah server Fisik diatur sedemikian rupa agar terbagi kepada masing - masing server virtual. 

2. Masing Masing Virtual Server bisa menjalankan OS yang berlainan : 

Teknologi virtualisasi pada VPS juga memungkinkan masing - masing Server Virtual dapat memiliki OS atau operating System yang berbeda, misal server virtual 1 menjalankan linux Centos, server virtual 2 menjalankan Windows, server virtual 3 menjalankan Linux Ubuntu, dan seterusnya.

3. Anda mendapatkan Akses Admin 

Perbedaan VPS dengan shared hosting adalah mengenai Fasilitas dan software yang bisa anda gunakan. Pada Shared Hosting Software yang bisa anda gunakan terbatas pada apa yang disediakan oleh web hosting anda, pada VPS anda bisa menginstall Sistem Operasi, Software server maupun script sesuai kebutuhan anda, misal anda ingin mengganti software server dari apache ke Nginx, atau anda ingin mengganti Versi PHP ke Versi yang lebih lama, atau anda ingin menginstall software tertentu seperti pada komputer anda, anda bisa melakukannya di VPS sebab anda diberi Root Acces alias hak admin , sama seperti pada komputer windows di PC anda dimana adminlah yang bisa menginstall atau uninstall Software.

4. VPS bisa digunakan seperti menjalankan PC

Pada VPS , karena anda bisa menginstall dan uninstall software secara bebas, maka anda bisa menggunakan VPS seperti komputer biasa, menginstall software tertentu, menginstall game ( untuk game server ). Bahkan pada VPS windows ada fasilitas RDP ( Remote Desktop ) dimana anda bisa menggunakan VPS windows sebagai Komputer anda melalui PC anda di rumah , jadi seperti mengakses komputer yang berada jauh dari tempat anda.

Kapan Anda membutuhkan VPS ?

Anda harus memakai VPS ketika anda butuh membangun Website yang akan Ramai sekali dikunjungi oleh Pengunjung , memerlukan sistem Login bagi jumlah member yang besar serta , membutuhkan website yang memungkinkan User memostting secara rutin , seperti Website Forum, Sosial media, Marketplace ( jual - beli anggota ), dll. Anda juga Membutuhkan VPS bila butuh Power dari sebuah server diatas shared hosting terutama power untuk menjalankan Database web yang besar, namun anda belum siap atau belum mampu menyewa Dedicated Server.

Anda juga membutuhkan VPS apabila anda ingin menginstall aplikasi server yang membutuhkan Root Acces ( Akses Admin pada komputer ) sehingga anda bebas menginstall sistem operasi, software maupun script yang sesuai kebutuhan anda. Mungkin anda membutuhkan VPS Windows untuk menjalankan Software Forex pada OS windows

Kelebihan dan Kekurangan VPS 


Kelebihan Memakai VPS :

Jelas sekal sangat pas bagi Anda yang membutuhkan Akses spesial bagi kebutuhan khusus anda, misal install software website tertentu. Upgrade atau downgrade versi script. Menjalankan Software yang tidak ada pada shared hosting. Juga sangat pas apabila website anda Ramai dikunjungi oleh visitor sehingga kurang sesuai bila memakai shared hosting. Anda juga bisa mengkustomisasi sistem operasi yang ingin anda pakai, bisa Linux, Windows Server, Cloudlinux


Kekurangan memakai VPS

Anda harus mengerti cara Install OS server, anda harus memahami cara install Distro Linux seperti Centos, ubuntu dll kedalam VPS. Karena anda bebas mengatur semua aspek Server , maka kadangkala ( sering sebenarnya ) anda mengalami Error tak terduga saat menjalankan script tertentu. Karena banyak sekali Kombinasi dari Sistem Operasi dan Software server yang bisa anda gunakan, maka sering terjadi anda menggunakan versi yang salah . Misalkan : apakah wordpress lebih cocok diinstall pada server Apache atau Nginx ? apakah lebih baik memakai Centos atau Ubuntu ? apakah software tertentu compatible dengan Windows Server 2012 atau tidak ? Semua pertanyaan diatas harus anda cari jawabannya sendiri bila Anda memakai VPS, beda dengan Shared Hosting dimana semuanya sudah siap tinggal pakai, karena sudah di setting oleh Jasa Web Hsoting yang Anda sewa.



Penyedia VPS Terkemuka 


Di Indonesia ada banyak penyedia VPS terkemuka, diantaranya : Rumahweb , BEON  ( Jagoanhosting ) , Masterweb, IDRoot, Domosquare, IDcloudhost, Qwords , Ardhosting , Dewaweb , CBTP , pasarhosting.com Cloudkilat dan masih banyak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu di sini

Di Internasional ada Digital Ocean Amazon, Small Orange, Godaddy, Hostgator, 1and1 , Softlayer dan lain lain


Semoga postingan mengenai Pengertian VPS ini bisa membuat anda paham apa itu VPS, perbedaan VPS dan shared hosting biasa, Kekurangan dan kelebihan VPS, serta hal yang harus diperhatikan ketika memilih VPS.

Related

Hosting 8473449043646052711

Posting Komentar

emo-but-icon

item